Kamis, 18 April 2013

Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Psikologi Manusia


KARYA ILMIAH

"Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Psikologi Manusia"




D
I
S
U
S
U
N

Oleh :

KARINA GINTING ( 111402080 )


PROGRAM STUDI S-1 TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2013




KATA PENGANTAR


         Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan pertolonganNya Penulis dapat menyelesaikan tugas karya ilmiah yang berjudul ‘Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Psikologi Manusia’. Meskipun banyak rintangan dan hambatan yang Penulis alami dalam proses pengerjaannya, tetapi Penulis berhasil menyelesaikannya dengan baik.

          Tidak lupa Penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing Ibunda Filia Dina Anggraeni yang telah memberi Penulis kesempatan untuk mengerjakan karya ilmiah yang bertema 'Interaksi Manusia dengan Teknologi' ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang juga sudah memberi kontribusi baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah ini.

        Tentunya ada hal-hal yang ingin Penulis berikan kepada masyarakat terutama pembaca blog ini dari hasil karya ilmiah ini. Karena itu, Penulis berharap semoga karya ilmiah ini dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi kita bersama dan semoga karya ilmiah yang Penulis buat ini dapat membuat kita mencapai kehidupan yang lebih baik lagi.

           Dan Penulis sadar bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna karena masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, Penulis mengharapkan masukan berupa saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan karya ilmiah ini di masa yang akan datang. Terima kasih.




                                                                                                                           Medan, 18 April 2013

Karina Ginting ( Penulis )




PENDAHULUAN

Saat   ini,  perkembangan  teknologi  telah merambah  berbagai  bidang. Teknologi  tidak lagi sekedar  untuk  teknologi,  tetapi  teknologi  yang  telah mencakup  berbagai ranah kehidupan manusia, teknologi yang   telah  mempengaruhi  kehidupan manusia,  teknologi  yang telah menjadi  bagian integral kehidupan manusia. Teknologi merupakan segala suatu hasil budaya (daya kreasi dan inovasi) manusia yang dapat mempermudah proses kehidupan manusia.
Kemajuan teknologi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi. Kalau dahulu kita mengenal kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya berganti dunia saat ini selebar daun kelor, karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di Amerika misalnya, meskipun kita berada di Indonesia.
Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan diakui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.




PEMBAHASAN


Pengertian Teknologi Informasi

          Teknologi Informasi biasa disebut IT (Information Technology). Berbagai definisi teknologi informasi telah diutarakan oleh beberapa ahli, diantaranya :

Haag den Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Williams dan Swayer (2003), Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

        Dari definisi di atas, terlihat bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa tekologi komputer, tetapi juga teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi.

Tujuan Teknologi Informasi adalah
 1. Memecahkan masalah,
 2. Membuka kreativitas,
 3. Efektivitas dan efisiensi.

Fungsi Teknologi Informasi itu sendiri adalah
 1. Menangkap (Capture),
 2. Memproses (Processing),
 3. Menghasilkan (Generating),
 4. Menyimpan (Storage),
 5. Mencari Kembali (Retrieval),
 6. MelakukanTransmisi (Transmission).

Keuntungan Teknologi Informasi : Speed, Consistency, Precision, Reliability. Teknologi Informasi bermanfaat dalam Berbagai Bidang antara lain; Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia.


Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
              Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.

a. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan.
            Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapanEnterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

b. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis dalam Dunia Bisnis
             Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

c. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
              Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

d. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
               Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio atau data, video atau data, audio atau video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

e. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
             Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.


Manfaat Teknologi Informasi terhadap Kehidupan Bermasyarakat
            Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal. Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga memperkenalkan dimensi baru ke dalam konsep pembagian masyarakat berdasarkan modal budaya dan kelas sosial yang menstratifikasi masyarakat.
             Michael Gurstein, (Gurstein, 2000), mendeskripsikan masyarakat informasi dengan cara berikut : masyarakat onformatika adalah aplikasi teknologi informasi dan komunikasi untuk memungkinkan proses masyarakat dan pencapaian tujuan masyarakat yang mencakup pembagian digital di dalam maupun antar masyarakat. Masyarakat informatika muncul sebagai kerangka untuk mendekati Sistem Informasi secara sistematis dari perspektif masyarakat dan sejajar dengan Sistem Informasi Manajemen dalam pengembangan strategi dan teknik untuk manajemen penggunaan dan aplikasi sistem informasi masyarakat. Masyarakat informatika mengatasi hubungan antara teori akademik dan penelitian, masalah kebijakan dan pragmatis yang timbul dari puluhan ribu “Jaringan Masyarakat”, “Pusat Teknologi Masyarakat”, Telecentre, Pusat Komunikasi Masyarakat, danTelecottage yang saat ini berada secara global.
             Sebagai satu bidang akademik, masyarakat informatika mengambil sumber daya dan partisipan dari serangkaian latar belakang, termasuk Ilmu Komputer, Manajemen, Teknologi Informasi, Perpustakaan, Perencanaan, Sosiologi, Pendidikan, Kebijakan Sosial, dan penelitian Pedesaan, Regional, dan Pembangunan.

Beberapa pemanfaatan TIK dalam bidang akademik diantaranya :
a. Presentasi
b. Demonstrasi
c. Kelas Virtual

             Blog sekarang memang menjadi tempat bagi semua orang seperti pelajar untuk menumpahkan semua ilmu dan aktifitas sehari-harinya. Dengan menulis di Blog, kita dapat :
a. Mengembangkan kreatifitas dalam menulis. Selain itu, apabila tulisan di dalam blog tersebut bagus, maka akan mendapatkan komentar sebagai bentuk penghormatan terhadap tulisan tersebut.
b. Mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia global yang menuntut untuk terjun dalam teknologi, yang apabila telah terbiasa menulis di blog, maka akan terbiasa menggunakan teknologi dalam menjalani kehidupan.
              Contoh lainnya antara lain dengan penggunaan e-mail. Siapapun  dapat  mengirimkan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu tanpa harus bertatap muka langsung dan dapat menjelajah di internet sehingga akan tahu banyak hal seperti mencari artikel yang berkaitan dengan mata kuliah di kampus. Ini semua sangat menunjang sekali terhadap proses pembelajaran.
             Sebagai suatu praktik, teknologi informasi merupakan kepentingan bagi mereka yang perhatian dengan pengembangan masyarakat dan ekonomi lokal di negara berkembang maupun maju dan memiliki hubungan dekat dengan mereka yang bekerja di bidang-bidang seperti pembangunan masyarakat, pembangunan ekonomi masyarakat, informasi kesehatan berbasis masyarakat, pendidikan dewasa dan lanjutan.
              Sejak permulaan, tujuan utama teknologi masyarakat adalah untuk menggunakan prasarana, aplikasi, dan layanan informasi dan komunikasi untuk memberdayakan dan melestarikan modal sosial masyarakat lokal (jaringan, organisasi, kelompok, aktivitas, dan nilai yang mendasari kehidupan masyarakat).


Dampak Positif dan Dampak Negatif Akibat Perkembangan Teknologi Internet
            Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak (dalam hal ini provider) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet. Pihak yang telah tergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri (bagaikan nomor telepon) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer (PC) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet.
         Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.

Dampak Positif : 
  1. Jendela Dunia : Sepertinya sekarang istilah jendela dunia tak hanya dimiliki oleh buku saja, Internet juga sudah menjadi jendela dunia, bahkan Internet lebih luas. Kita bisa menikmati Internet dengan membaca, melihat dan mendengar. Mencari apapun dari hal yang diinginkan ada di internet. Tak salah jika Internet juga disebut sebagai jendela dunia.
  2. Alat Komunikasi : Jika dulu orang berkomunikasi dengan teman, saudara, atau keluarga dengan surat yang prosesnya sangat lama, sekarang dengan internet kita bisa berkomunikasi dan tau kabar teman di satu waktu. Bahkan kita bisa langsung bicara dengan langsung melihat wajah orangnya.
  3. Mencari Teman :  Kita juga bisa mencari teman baru atau teman lama yang telah hilang kontak dengan kita. Dengan internet kita akan menemukan banyak teman baru bahkan jika kita bisa menguasai banyak bahasa, kita akan bisa dengan mudah mencari teman dari berbagai dunia.
  4. Sumber Informasi / Berita : Internet menyediakan berita lama atau baru tanpa batas yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Berita seputar politik, hukum maupun olahraga bisa kita dapatkan secara up-to-date. Selain itu, bisa untuk mencari sumber referensi untuk tugas-tugas. Hampir semua ada di internet.
  5. Berbagi Ilmu / Sharing : Jika kita sering mencari ilmu lewat internet, kita pasti akan menemukan banyak sekali sumber. Artikel yang ada di internet itu ditulis oleh manusia, mereka berbagi ilmu atau sharing ilmu pada seluruh dunia dengan media seperti misalnya Blog. Degan blog, kita bisa menulis apa yang ada di otak kita untuk kita bagikan pada seluruh dunia.
  6. Bisnis Online / Jualan : Bisnis Online adalah berbisnis atau mencari uang dengan memanfaatkan internet sebagai bahan utamanya. Bisnis online sendiri banyak sekali jenisnya, bisa berjualan, bisa jadi menjualkan produk orang, bisa juga jadi publisher dll.
  7. Mencari barang / Berbelanja hemat : Belanja sekarang bisa dengan mudah kita lakukan di internet. Kita bisa mencari barang kesukaan kita mulai dari barang unik sampai kebutuhan sehari-hari ada yang menjual melalui internet. keuntungan berbelanja lewat internet adalah kita bisa berbelanja keliling dunia hanya dengan dii depan komputer.
  8. Sarana Hiburan : Internet juga menyediakan beberapa hiburan menarik seperti game online, artikel-artikel lucu yang akan membuat kita tertawa, video-video lucu, gambar lucu dan banyak lainnya. kita juga bisa melihat tempat-tempat menarik di dunia hanya di depan komputer kita.
  9. Keamanan : Internet juga sangat mendukung untuk masalah keamanan. contohnya saja kita memiliki toko atau tempat usaha yang jauh dari rumah, kita bisa memasang CCTV yang terhubug dengan internet untuk kita pantau keadaannya dari rumah. Dan masih banyak lagi pengaplikasian Internet untuk keamanan.
  10. Kelancaran Transportasi : Internet juga memegang peranan penting dalam hal transportasi. Misalnya saja CCTV yang dipasang di tempat-tempat macet di seluruh kota, Mengatur penjualan tiket di seluruh dunia dan banyak lagi.ti

Dampak Negatif :
  1. Pornografi : Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
  2. Violence and Gore : Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
  3. Penipuan : Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
  4. Carding : Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
  5. Perjudian : Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
  6. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
  7. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
  8. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
  9. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut .


KESIMPULAN

            Pada hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Akan tetapi, dengan melakukan tindakan yang bijaksana, seperti menggunakan internet dengan porsi yang sewajarnya dan juga mengontrol penggunaan internet yang semakin dahsyat ini, terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas maka tidak akan sampai menggeser jati diri kita sebagai manusia yang memiliki norma dan juga nilai-nilai pekerti yang luhur.
         Bagaimanapun, sebagai anggota masyarakat, kita harus melakukan suatu tindakan yang positif dan membangun diri kita, agar semaksimal mungkin dapat mencegah pengaruh negatif teknologi terhadap kita dan kehidupan kita.


SARAN

       Terima kasih Saya ucapakan kepada para pembaca karya ilmiah ini khususnya mahasiswa dan mahasiswi yang mempelajari karya ilmiah ini sebagai bahan referensi. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Mungkin karya ilmiah yang Saya tulis ini masih banyak ditemukan kesalahan dan mungkin masih jauh dari sempurna, untuk itu Saya memohon kritik dan saran para pembaca yang bersifat membangun. Terima kasih.




REFERENSI

Feldman, Robert S. 2012. Pengantar Psikologi. Jakarta : Salemba Humanika.
Terra dan Abdul Kadir. 2003. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : ANDI.
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : ANDI.

1 komentar:

didikstt mengatakan...

makasih gan karyanya buat refrensi ku

golekilmu.com | Blog Berita seputar Perkembangan teknologi terkini

Poskan Komentar