Jumat, 29 Maret 2013

Analisis Survey Psikologi


Hallo Hallo semua.. :D
Pada postingan kali ini, Saya akan membahas seputar hasil analisis dari ‘Survey Psikologi’ yang Saya buat beberapa hari yang lalu. Dalam survey tersebut Saya memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Psikologi dan manfaatnya bagi mahasiswa IT. Berikut analisis yang dapat Saya rangkum.

  • Seberapa penting psikologi dipelajari mahasiswa IT.
Hampir semua menjawab ‘penting’ dan beberapa lainnya ‘sangat penting’ dengan berbagai macam alasan. Penting karena akan sangat berguna ketika menghadapi klien, yang memiliki pribadi yang berbeda-beda, suatu saat nanti. Ada juga karena dapat membantu mahasiswa IT untuk memahami kepribadian seseorang terutama diri sendiri, sehingga dapat menciptakan produk yang sebenarnya diinginkan oleh user. Sekaligus dapat mengajarkan mahasiswa IT bagaimana berinteraksi dengan orang lain dengan baik dan dapat mengontrol tingkah laku sebagai seorang programmer yang sesungguhnya.

  • Pendapat apabila mahasiswa IT tidak mempelajari psikologi.
Sebagian besar menjawab rugi dan akan kesulitan apabila tidak mempelajari psikologi sebagai mahasiswa IT. Untuk sekarang mungkin tidak tampak perbedaannya, tetapi mungkin nanti di dunia kerja terlihat perbedaan, dari mulai tata bicara, perilaku dan pola pikir yang akan membedakan orang yang sudah mengenal psikologi dan yang tidak. 

  • Topik psikologi yang harus dimengerti setiap mahasiswa IT.
Kepribadian, modifikasi perilaku, sensasi dan persepsi serta teori belajar. Topik-topik tersebut sangat penting untuk dimengerti mahasiswa IT karena dengan mengerti topik tersebut secara tidak langsung akan mempermudah dalam hal berinteraksi dengan siapa aja nantinya. Mengurangi terjadinya salah persepsi, bertingka laku yang benar dan berpola pikir yang positif.

  • Besar manfaat yang dirasakan setelah belajar Psikologi.
Hampir raempelajari psikologi memiliki manfaat yang besar dalam kehidupan sehari-hari tekhusus bagi mahasiswa IT. 

  • Sudahkah diterapkan topik yang pelajari dalam psikologi pada keseharian sebagai mahasiswa IT.
 Sebagian besar response menjawab ‘baru sebagian’ dari topik yang diterapkan dalam keseharian sebagai mahasiswa IT. 

  • Jika sudah, topik yang sangat berhubungan dengan keseharian dan sangat bermanfaat setelah dipahami.
Sensasi dan persepsi, human body and mind serta teori belajar.

  • Jika belum, berikan alasan dan kapan Anda akan menerapkannya.
Mungkin suatu saat nanti, kalau ada dalam situasi yang diharuskan menerapkannya dan jika nanti ada waktu dan kesempatan yang pas.


Berdasarkan jawaban yang diberikan pada survey psikologi ini, Saya menyimpulkan bahwa Psikologi dalam Teknologi Informasi sangat besar manfaat dan pengaruhnya, terkhusus bagi mahasiswa IT. Setiap topik yang dipelajari berguna dan memiliki peranan tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam menghadapi klien, memberikan persepsi, pola pikir dan tingkah laku saat berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, tidak ada ruginya untuk mempelajari psikologi. Karena akan sangat membantu kita sebagai mahasiswa IT.


Testimoni
Survey online ini merupakan survey yang memiliki dampak positif bagi penggunanya, yaitu sangat efektif dan efisien. Kapan saja, dimana saja dan siapa saja dapat meresponse survey ini dan dengan begitu, pembuat atau penyusun survey pun dapat dengan mudah menganalisis survey yang dibuat. Contohnya saja survey yang Saya lakukan ini. Praktis dan langsung dapat dianalisis kesimpulannya. Namun di sisi lain, dampak negatif juga ada dalam survey online ini, yaitu tidak semua orang dapat mengaksesnya apabila tidak mengerti cara membuka atau membuatnya serta adanya gangguan jaringan internet.

Demikianlah hasil analisis yang Saya simpulkan dari survey psikologi oleh 21 mahasiswa IT yang memberikan response sampai tanggal 28 Maret 2013. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih telah berkunjung ke blog Saya. Sampai jumpa dipostingan yang lainnya, blogy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

sudah terlalu lama....

oh haii.. apa kabar kalian? (awkward banget geng) hahaha ada yang nanya kabarku ga? ada dong ada pasti :p aku baik. cukup baik. ya baik....

Postingan Populer